Kamis, 07 Oktober 2010

A. Pendekatan Terhadap Studi Tentang Kelompok

1. Pendekatan Teoritis
       Dalam pendekatan terhadap studi kelompok terdapat 2 teori, antara lain :
1. Teori Sintalitas Kelompok
Dikembangkan oleh tokoh Catell, 1948, 1951. Menurut Cattel, 1948, 1951 Sintalitas yaitu kepribadian yang dimiliki setiap orang dalam suatu kebersamaan, dinamika, temperamen dan kemampuan kelompok
Dalam teori sintalitas menurut Cattel, terdapat dimensi kelompok, antara lain:
a. sifat-sifat sintalitas, yang dipengaruh adanya kelompok sebagai keseluruhan terhadap kelompok lain dan lingkungannya.
b. sifat-sifat struktur kelompok dari hubungan antara anggota kelompok, perilaku kelompok, dan pola organisasi kelompok.
c. sifat-sifat populasi, dari sifat rata-rata anggota kelompok.
          Selain itu didalam teori sintalitas terdapat juga dinamika sintalitas, yaitu antara lain:
- eksistensi kelompok yg tergantung pada kebutuhan individu anggotanya
- kelompok-kelompok yg biasanya saling overlapping

2. Teori Prestasi / Produktivitas Kelompok
          Produktivitas sebenarnya memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya. Dalam kamus bahasa Indonesia arti produktivitas itu adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (daya produksi). Tetapi arti produktivitas dalam kelompok menurut saya adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (ide) dalam suatu organisasi atau kelompok.
Dikembangkan oleh tokoh Stogdill, 1956. Menurut Stogdill terdapat 3 teori yang dikembangkannya secara berbeda orientasinya, ke tiga teori tersebut, antara lain:
a. orientasi penguat teori-teori tentang belajar
b. orientasi lapangan teori-teori tentang interaksi
c. orientasi kognitif teori-teori tentang harapan

Perbandingan Teori-teori
Teori sintalitas kelompok yaitu kepribadian yang dimiliki setiap orang dalam suatu kebersamaan, dinamika, temperamen dan kemampuan kelompok, sedangkan teoro produktivitas kelompok yaitu Produktivitas sebenarnya memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya. Dalam kamus bahasa Indonesia arti produktivitas itu adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (daya produksi). Tetapi arti produktivitas dalam kelompok menurut saya adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (ide) dalam suatu organisasi atau kelompok

2. Pendekatan Empiris 
a. Field Study (Studi Lapangan)
Field Study menurut saya adalah suatu pembelajaran dalam hal kelompok yang dilakukan langsung / turun ke lapangan uang ingin diteliti.

b. Eksperimen Laboratorium
Eksperimen Laboratorium menurut saya yaitu suatu eksperimen atau pembelajaran yang dilakukan atau ditelitinya di laboratorium. Dengan menggunakan alat-alat penelitian yang lengkap. Misalnya seperti laboratorium kimia, biologi, dan lain-lain. Yang terpenting adalah yang berhubungan dengan sesuatu yang ingin diteliti lebih akurat.

c. Studi Stimulasi Komputer
Stdu stimulasi computer menurut saya yaitu suatu pembelajaran yang berkaitan dengan computer dimana prose pembelajarannya dilakukan dengan media computer. Computer adalah alat teknologi modern yang saat ini sangat dibutuhkan dalam hal apapun. Biasanya sebelum kita mengerti computer pasti terlebih dahulu kita nelajar tentang computer, misalnya stimulus yang terdapat dalam computer, dan lain-lain.


Sumber :
1.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar