Selasa, 02 November 2010

TAHAP NORMING

TAHAP NORMING : PEMBENTUKAN STRUKTUR KELOMPOK
Ada tiga, antara lain :
1. Peran (role)
Peran (role) merupakan perilaku yang biasanya ditampilkan orang sebagai anggota kelompok yang menyediakan basis harapan berkaitan dengan perilaku orang dalam posisi yang bervariasi dalam kelompok.
Misalnya, peran seorang ayah dalam sebuah kelompok (keluarga). Kita tahu peran seorang ayah dalam sebuah keluarga sangatlah penting, mengapa? Karena, peran seorang ayah yang paling utama adalah sebagai kepala keluarga yang bisa menjaga keluarganya dari apapun. Dan tugas tersebut pasti sangatlah berta dan patut dipertanggungjawabkan.
Perbedaan peran :
Task roles → tugas
Socioemotional roles → sosioemosi

Teori 3 dimensi peran :
a. dominance – submission
b. friendly – unfriendly
c. instrumentally controlled – emotionally eupressive
Konflik peran :
• interrole : konflik antara 2 atau lebih peran yang dijalani oleh 1 orang
• intrarole : konflik antara peran 1 orang dengan peran orang lain



2. Norma (norm)
Norma (norm) merupakan aturan-aturan yang menggambarkan tindakan- tindakan yang seharusnya diambil oleh anggota kelompok. Norma yang ada dalam kelompok maupun norma yang ada dalam negara, keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat itu sama-sama aturan yang harus kita taati, patuhi, dan jalankan. Setiap individu wajib mentaati norma-norma yang berlaku. Apabila tidak mentaati norma tersebut pasti akan mendapatkan hukuman sesuai dengan kesalahan yang telah diperbuat.
Misalnya, apabila dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan tugas yang telah ditentukan oleh dosen. Kita sebagai mahasiswa harus berperan penting dan mengikuti semua peraturan (norma) yang telah ditentuka dalam tugas tersebut, agar tugasnya menjadi lebih baik.

3. Hubungan antar anggota
→ otoritas, hubungan ketertarikan, hubungan komunikasi. Hubungan antar anggota sebenarnya bisa terjalin dengan baik, apabila setiap anggotanya bisa melakukan tugasnya dengan baik dan saling kerja sama antara yangsatu dengan yang lainnya.


Sumber : http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:bUz3nnLjyqcJ:klara_ia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9085/Handout%2BPsikologi%2BKelompok.pdf.pdf+ketertarikan+interpersonal&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjqIWVtOyhE-rUgvo8AxAX5E4zUR0GTa2BoA3jIcqZw1uFuHja17wF696Q9HRi2bREUpj31WTaa2F-v_JPV67rlGH8e8e1ZX6Su-3GoY2AdKDheeVFXzsGRnU3WZLtSMY9cAR46&sig=AHIEtbS8fuxttMxcGZAg1l6SPua-J2mYeg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar